SLOTBET PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI TRIGONOMETRI

Fairuz Amin, S.Pd (Guru Matematika) melaksanakan pembelajaran di X IPS 2 TP 2021/2022 pada  bulan April 2022

Pendidikan merupakan sebuah bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan syarat perkembangan. Oleh karena itu, perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Guru harus kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Fungsi penting media pembelajaran adalah alat bantu dalam pembelajaran yang turut serta mempengaruhi kondisi, situasi serta atmosfir dalam belajar yang diciptakan oleh guru. E-learning memiliki beberapa komponen yaitu infrastruktur, sistem dan aplikasi, dan konten. Pembelajaran lebih menarik karena ada selingan video pembelajaran dari youtube, atau materi di website, yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik dan hasil belajar matematika peserta didik.

Mulai dari tahun 2019 dunia pendidikan mengalami imbas dari Covid-19 sehingga pembelajaran yang sebelumnya dilakukan di sekolah secara normal harus berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode daring selanjutnya berkembang di tahun 2021 yaitu menjadi metode blended learning yang mengharuskan guru lebih kreatif karena ada siswa yang belajar dari sekolah dan ada yang tetap daring. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran matematika selama pembelajaran daring, blended learning ataupun pembelajaran normal seperti biasa di kelas adalah dengan menggunakan video pembelajaran youtube yang dibuat sendiri oleh guru. Selain video pembelajaran juga bisa memberikan materi atau soal latihan melalui blog pribadi guru agar dapat diakses oleh peserta didik kapanpun dan dimanapun.

Berikut ini adalah gambaran secara umum langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam menyampaikan materi melalui video pembelajaran dengan metode blended learning.

  1. Perencanaan

Guru mempersiapkan pembelajaran sebagai berikut:

  1. Guru mempersiakan perangkat pembelajaran tentang trigonometri
  2. Guru menyiapkan video pembelajaran https://youtu.be/tcnBHvsIi50 dan mengupload video tersebut di youtube channel pribadi guru yaitu https://www.youtube.com/@fairuzaminproduction. Serta memberikan materi pelajaran yang sudah di upload di blog guru yaitu https://fairuzamin.blogspot.com/
  1. Pelaksanaan
    1. Guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran youtube
    2. Guru mencatat aktifitas siswa selama proses pembelajaran
    3. Guru memberikan evaluasi/soal kepada siswa untuk mengetahui seberapa besar penguasaan materi yang telah diajarkan yaitu trigonometri
  2. Refleksi

Guru menganalisis hasil pengamatan saat pembelajaran dan hasil penialain dari evaluasi yang telah dikerjakan siswa, untuk melihat apakah ada pengaruh keberhasilan penggunaan video pembelajaran youtube dalam meningkatakan motivasi belajar dan hasil belajar siswa materi trigonometri. Guru mencatat kekurangan pelaksanaan pembelajaran untuk diperbaiki pada pelaksanaan pembelajaran berikutnya sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal.

2 Thoughts on “PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI TRIGONOMETRI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *