Sekolah yang berkualitas merupakan salah satu dambaan bagi setiap orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Orang tua memiliki harapan agar anak-anaknya menjadi manusia yang terdidik melalui pendidikan yang berkualitas. Saat ini, orang tua sangat teliti dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya. Mereka tidak lagi melihat tingginya biaya pendidikan, akan tetapi kualitas output yang dihasilkan oleh sebuah sekolah. Setidaknya ada tiga pertimbangan umum orang tua dalam memilih sebuah sekolah, yaitu kualitas pembelajarannya, kualitas sarana dan prasarana, dan kualitas lulusan.

Pandangan masyarakat mengenai sekolah yang berkualitas cukup bervariatif. Sebagian masyarakat berpandangan, tidak adanya citra negatif seputar siswanya misalnya tawuran, penganiyaan, dan lain sebagainya, merupakan sekolah yang berkualitas. Selain itu ada masyarakat beranggapan bahwa sekolah berkualitas adalah sekolah yang memeberi kebebasan bagi siswanya dalam berkreasi guna menggali potensi yang dimilikinya. Ada juga yang menganggap, bahwa dengan menghasilkan lulusan yang pintar, nilai bagus, diterima di perguruan tinggi ternama dan perusahaan besar merupakan sekolah yang berkualitas. Pandangan orang tua terhadap aspek pembelajaran, sarana dan prasarana, proses, serta output yang dihasilkan akan mengarahkan selera masyarakat terhadap sebuah sekolah.

SMA Negeri 9 Semarang sebagai salah satu lembaga pendidikan menegah atas di Kota Semarang dalam menarik minat calon peserta didiknya tentunya harus membentuk sebuah citra yang positif. Pelanggan dalam membeli sebuah produk tidak hanya sekadar membutuhkannya, namun ada suatu harapan lain, yaitu sesuatu yang ada dalam sebuah citra yang terbentuk dari sebuah lembaga tersebut.  Oleh karena itu, SMA Negeri 9 Semarang sebagai lembaga pendidikan tentunya  harus memberikan informasi kepada publik agar dapat memebentuk citra yang positif. Untuk memunculkan citra yang positif tersebut diperlukan adanya branding yang berarti nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi. Adapun branding SMA Negeri 9 Semarang yaitu SMA Negeri 9 Semarang “JAWARA”

Kegiatan peresmian Branding “JAWARA” SMA Negeri 9 Semarang dilaksanakan pada hari Kamis, 12 November 2020 di Aula Besar SMAN 9 Semarang. Selain untuk peresmian branding, kegiatan ini juga bertujuan untuk  menginformasikan kepada masyarakat sebagai pelanggan jasa pendidikan tentang branding dari SMA Negeri 9 Semarang “JAWARA” yang mampu menghasilkan output lulusan  jujur, agamis, berwawasan wirausaha, adaptif, responsibel, dan arsi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *